Wednesday, April 2, 2014

Nikmati hari-hari di New Zealand untuk pengalaman yang tak terlupakan…

Kia Ora,
Selamat datang di Selandia Baru

Selandia Baru terletak di barat daya samudra Pasifik. Selandia Baru terdiri dari dua bagian pulau yaitu kita menyebutnya dengan North Island  dan South Island. Selain itu juga terdapat Stewart Island di bagian selatan dan banyak pulau-pulau kecil lainnya yang terletak di lepas pantai. Di Selandia Baru terdapat 27 kawasan yang membentang lebih dari 1.600 kilometer melintasi dua pulau utama North Island dan South Island. Selandia Baru juga memiliki 14 Taman nasional yang meliputi lebih dari 30.000 kilometer persegi. Terdapat 4 musim di Selandia Baru, dimana musim panas dimulai pada bulan Desember setiap tahunnya dan musim dingin dimulai di bulan Juni. 
Penerbangan dari Jakarta menuju Selandia Baru ditempuh dalam waktu kurang lebih dua belas jam. Bandar udara international Auckland berlokasi di North Island dan Christchurch di South Island. Selain itu terdapat lebih banyak lagi Bandar udara regional, yang melayani jalur penerbangan domestik yang begitu cepat dan efisien.  Liburan sambil berkendara adalah cara terbaik untuk menelusuri Selandia Baru. Posisi kemudi mobil-mobil pada umumnya terletak sebelah kanan, sama dengan di Indonesia. Hal ini merupakan keuntungan bagi para wisatawan yang berasal dari Indonesia, yang harus dipersiapkan adalah memiliki Surat Ijin Mengemudi Internasional.
Banyak aktifitas yang bisa lakukan ketika berlibur di Selandia Baru mulai dari menjelajahi bentang alam dan pesisir Selandia Baru yang luar biasa, kegiatan yang memacu adrenalin  atau, terdapat juga liburan yang santai, seperti berendam di kolam air panas, mengunjugi perkebunan anggur dan juga wisata budaya seperti menelusuri sejarah suku Maori. Menyikap keajaiban alam yang unik dari taman nasional juga merupakan pengalaman yang mengesankan.

Pilihan transportasi yang bisa digunakan antara lain; mobil sewaan, bus wisata, Motorhome dan kereta api. Wisatawan perlu memperhitungkan waktu dan jarak perjalanan sebelum melakukan perjalanan. 
Jenis akomodasi yang terdapat di Selandia Baru antara lain; Apartemen, backpacker & hostel, akomodasi termasuk dengan santap pagi, penginapan bertaraf butik, hotel mewah berbintang lima, penginapan tradisional dimana tamu bisa merasakan bagaimana cara hidup masyarakat Selandia Baru.

North Island

Sejarah politik Selandia Baru bermula dari ujung utara. Bentangan alam yang memadukan pesisir yang menakjubkan, hamparan lahan pertanian, dan keajaiban geothermal melintasi pulau ini. Budaya Maori yang begitu kaya akan nilai sejarah terdapat di pulau ini. Selain itu terdapat juga gunung berapi aktif dan cagar alam. Banyak terdapat rute-rute tur yang menarik yang ditawarkan bagi para wisatawan untuk melusuri pulau ini.
Daerah-daerah geotermal dan mata air panas terdapat di pulau ini. Selandia Baru dianugrahi dengan beberapa wilayah geotermal dan mata air panas untuk berendam.Rotorua adalah pusat wisata geotermal utama, dengan banyak kolam lumpur belerang, geiser, dan kolam air panas di daerah-daerah termalnya yang aktif . Wisatawan mengenalnya dengan sebutan ‘Kota Sulfur’. Dalam sejarahnya Rotorua pertama kali dihuni oleh suku Maori yang menggunakan mata air panas untuk memasak dan mandi, Rotorua dengan segera menarik perhatian wisatawan berdasarkan reputasi manfaat kesehatan kolam air panasnya, dengan segera daerah ini mendapat julukan ‘Cureland’ atau tanah penyembuhan.
Di Far North dan sebagian besar East Coast di North Island, wisatawan akan menemukan pantai-pantai berpasir yang panjang, sempurna bagi penggemar wisata air seperti berenang, berselancar, dan mandi matahari. Sedangkan di pesisir barat North Island memiliki pantai-pantai berpasir gelap, ini disebabkan karena tingginya kandungan besi di pasir.

South Island

South Island menawarkan kanvas warna-warni pemandangan yang dramatis. Bentangan alam yang alami bisa dinikmati oleh setiap bagian dari pancera indra. Bagian selatan juga menyuguhkan kekayaan alam terbaik, di mana pegunungan alps yang menjulang dan pesisir berbatu-batu menyatu dengan hamparan dataran yang landau dan pantai berpasir halus. Penduduk setempat melayani dengan rendah hati dan siap menyambut para wisatawan yang datang berkunjung. Mereka akan membantu memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan.
Daerah utara South Island terkenal memiliki beberapa pantai yang indah. Pesisir pantai di sekeliling South Island lainnya cenderung lebih liar dan lebih berbatu-batu. Sekitar dua pertiga South Island terdiri dari pegunungan, gunung-gunung ini disebabkan oleh benturan lempeng Australia dan Pasifik. Pegunungan inilah yang menimbulkan lahan pertanian yang subur. Selama jutaan tahun, endapan alluvium akibat kikisan sungai membentuk Canterbury Plains yang luas di South Island. Di dataran alluvium ini terdapat sebagian lahan pertanian Selandia Baru yang paling subur dan produktif.
sumber: new zealand official